Para pembaca Yth..............

Tulisan dibawah ini hanyalah kesimpulan saya dari hasil analisa yang masih dangkal mengenai sejarah MinangKabau. But I can assure you, there is no any sentence (s) in this work has quoted from the WebSite

Sunday, April 18, 2010

Kesimpulan sementara saya

West Sumatra tourism sector in amount - Local INVESTMENT in 2005 = Rp 607,420,000.00; Foreign in 2005 = USD 85,568,000.00 - Bisnis Indonesia news, August 15, 2006

Traditional wooden village house - KOTO PILIANG style - KotaKota magazine, 2004

ARAU CLIFF - Echo cliff - The famous Rock Climbing area

Walaupun pada akhirnya saya tetap belum dapat dikatakan telah menguasai tentang siapa dan bagaimana masyarakat Minang secara mendalam, akan tetapi dari hasil analisa sementara, saya berpendapat bahwa sampai saat ini belum ada satupun sumber data autentik yang dapat mengidentifikasikan proses perkembangan masyarakat Minang dengan jelas, paling tidak dari sejak sekitar abad 13 masehi, pada saat ajaran islam diduga telah meluas diterima diwilayah tersebut bersamaan sejak dynasti Adityawarman memimpin wilayah Pagarruyung. Pada sisi lain saya juga mempunyai pandangan sendiri tentang silsilah keturunan kerajaan Pagarruyung, kaitan MinangKabau dengan kerajaan Shrivijaya serta apa sebetulnya yang menjadi pemicu terjadinya pemberontakan yang digagas oleh kelompok PADRI yang saya coba uraikan berikut ini.

No comments:

Post a Comment