Para pembaca Yth..............

Tulisan dibawah ini hanyalah kesimpulan saya dari hasil analisa yang masih dangkal mengenai sejarah MinangKabau. But I can assure you, there is no any sentence (s) in this work has quoted from the WebSite

Tuesday, April 20, 2010

Halo, APA KHABAR....

THE MAJESTIC Istana PAGARRUYUNG (Istano BASA - replika) - Tanah Datar, Batu Sangkar - Photographed in 1988 - KOTO PILIANG style - Background, BATU PATAH hill - Main building on wooden stilts - Walls are covered with richly carved & painted flowers on wooden panels - Roof is steeply sloping gabled roof, end in needle point pinnacles pointing to the sky, mimmicking the horns of the buffalo (tanduak kabau)

Memang sudah banyak artikel serta buku-buku yang mengulas tentang masyarakat Minangkabau dari berbagai macam aspek, oleh karena itu saya tidak banyak berharap dari Anda para pembaca akan terpesona dengan apa yang saya tulis ini. Karena yang saya tulis inipun sebagian besar pasti sudah pernah ditulis oleh para penulis sebelum saya dan, saya percaya dengan kualitas yang lebih baik. Hanya, katakan saja tulisan ini merupakan versi sederhana dari rangkuman yang saya istilahkan sebagai issue yang cukup spesial bagi saya, karena sabagai penulis, ini adalah untuk pertama kalinya saya menulis tentang MinangKabau. Juga janganlah banyak berharap dari tulisan saya ini, karena rangkuman tulisan ini hanya didasari oleh keingin tahuan saya yang lebih dalam mengenai MinangKabau, bagaimana caranya? saya berusaha mengumpulkan data sejarah, mitos-mitos serta data penunjang lainnya, lalu saya tuangkan kedalam tulisan ini agar saya dapat mengurut segalanya dari mula asal muasal masyarakat Minang. Dengan cara inilah saya berusaha untuk memahami masyarakat Minang lebih baik, jadi sebenarnya tulisan ini saya buat hanya untuk diri saya sendiri, tapi, what the hell, I leave it to you guys to read, it's free !!

Dasar pengertian saya, bahwa semua yang sudah pernah ditulis oleh para penulis tentang MinangKabau, baik mengenai adat istiadat ataupun legenda serta mitos yang beredar selama ini, bersumber dari informasi yang tidak pernah ditulis secara formal sebelumnya, atau dengan kata lain saya berpendapat bahwa belum pernah ada yang melakukan "Exploratory Study" secara formal terhadap sejarah perkembangan masyarakat Minang. Jadi siapapun sah-sah saja untuk menganggap dirinya mengetahui dan mengerti tentang MinangKabau. akan tetapi, walau bagaimanapun, untuk para penulis sebelum saya, saya ucapkan terimakasih karena sedikit banyaknya dari apa yang telah saya baca melalui tulisan Anda semua, telah menimbulkan semangat serta inspirasi bagi saya untuk membuat tulisan mengenai Minangkabau ini.

Pembaca yang budiman, tulisan ini dibuat tidak ada niat sedikitpun untuk memojokkan atau apalagi menghina seseorang, kelompok maupun etnik yang mempunyai kehidupan sosial dan pandangan berbeda, tetapi saya hanya berusaha menuangkan realita sejarah dari sisi kenyataan yang lain. Walaupun pembaca akan menemukan ada beberapa kata2 yang agak "tajam", bertujuan hanya untuk menegaskan maksud yang terkandung didalam bab ataupun satu alinea tertentu.

Dan terakhir, berkaitan dengan tulisan saya ini pula, saya membuka diri untuk secara obyektif dikritik habis-habisan serta menerima masukan yang original.

No comments:

Post a Comment